By | July 23, 2020

Semakin kita menyukai diri sendiri, semakin baik pula tindakan dalam bidang apapun yang ditekuni, dan berdasarkan hukum timbal balik, maka akan semakin menyukai diri sendiri dan tentu saja semakin bertambah rasa percaya diri. Cacat fisik juga menjadi penyebab tidak adanya rasa percaya diri. Cacat fisik/tubuh ini tentu terlihat oleh orang lain, apabila tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka itu dapat menyebabkan tidak percaya diri. Rasa percaya diri akan meningkat dengan mantap jika seseorang memiliki bakat/keterampilan yang membuatnya dibutuhkan orang lain. Pengembangan diri hendaknya sejalan dengan penyesuaian terhadap lingkungan sosial yang dapat membangkitkan rasa puas karena selain ia mampu mengembangkan diri, lingkungan pun bisa menerimanya dengan baik.

Agar Anda lebih siap dan matang nantinya ketika Anda akhirnya memutuskan untuk resign untuk membangun bisnis on-line sendiri. Jadi cara untuk membangun keberanian Anda adalah dengan menghadapi rasa takut Anda. Seperti yang pernah ditulis oleh Ralph Waldo Emerson, “Lakukan apa yang Anda takuti, dan kematian si rasa takut akan menjadi pasti”. Ketika melakukan hal-hal yang Anda takuti, Anda sebenarnya sedang mengambil kendali, baik atas emosi Anda maupun kehidupan Anda, Anda mengubah perasaan Anda dari negatif menjadi positif serta dari pesimis menjadi optimis.

Hadapilah dunia ini berdasakan pemahaman diri yang objektif atau membaca diri sendiri, anda bisa memprediksi resiko setiap tantangan yang dihadapi. Dengan demikian, anda tidak perlu menghindari setiap resiko, melainkan lebih menggunakan strategi-strategi untuk menghindari, mencegah, ataupun mengatasi resikonya. Jika anda ingin mengembangkan diri sendiri, pasti ada resiko dan tantangannya. Namun, lebih buruk berdiam diri daripada maju bertumbuh dengan mengambil resiko.

Hal ini dikarenakan mereka akan merasa aman ketika memberi kepercayaan kepada orang jujur. Kepercayaan itu sangat mahal karena kita tidak bisa memaksa orang lain untuk mempercayai kita, sebab kepercayaan terlahir dari kejujuran yang kita tunjukkan. Ayat tersebut jelas sekali mengatakan bahwa Allah SWT menyeru kepada orang beriman untuk bertakwa kepada Allah SWT dan berkata benar. Bertakwa artinya bersungguh-sungguh dalam menaati semua perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya.

Keberanian, dan keyakinan untuk menjalani usaha

Untuk memudahkan Anda, cari seseorang yang sudah lebih berpengalaman di dunia bisnis lalu jadikan mereka sebagai mentor. Meski tidak membantu secara keseluruhan, tapi mentor akan memberi tahu Anda apa saja langkah yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis. Dan seringnya tantangan yang perempuan hadapi adalah soal kurangnya rasa percaya diri untuk memimpin atau duduk di posisi strategis. Kurangnya rasa percaya diri ini pun juga mempengaruhi keberaniannya saat ingin membangun bisnis sendiri. Perempuan jadi merasa tidak yakin apakah mereka mampu mendirikan dan memimpin sebuah bisnis.

Oleh karena itu, untuk ke depannya diperlukan peraturan-peraturan hukum yang betul-betul komprehensif dan lebih berpihak kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi benturan-benturan antara peraturan yang satu dengan peraturan yang lainnya. Dengan adanya proses peradilan yang cepat serta menghasilkan suatu putusan yang dapat mengangkat nilai-nilai keadilan menjadi sebuah contoh bagi lembaga-lembaga peradilan lainnya. Sehingga, diperlukan terobosan-terobosan baru di dalam peradilan agar dapat memberikan rasa keadilan dan kepastian hukum bagi permasalahan-permasalahan hukum yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Ketentuan dan prosedur administratif bagi seorang warga negara dalam menggunakan hak pilihnya diperlukan untuk mencegah terjadinya kekacauan dalam pelaksanaan pemilihan umum. Namun, prosedur tersebut juga tidak boleh menghilangkan hak yang bersifat substansial yaitu hak warga negara untuk memilih pemimpin negaranya.

Kegagalan dalam mencapai hasil, sasaran dan tujuan dari organisasi atau kelompok tersebut merupakan kegagalan dari proses kepemimpinan itu sendiri mengingat setiap arahan terpusat pada pimpinan. Seseorang harus bisa membangun motivasi diri semaksimal mungkin dalam hal berkarya, berjuang, belajar, dan lain sebagainya. Motivasi tinggi adalah modal untuk tetap berhasil apapun rintangan yang dihadapi, karena kegagalan seringkali berawal dari sebuah keragu-raguan. Untuk mengantisipasi terjadinya risiko kepatuhan, anda bisa menjalankan bisnis secara bertahap, serta mempelajari bisnis dengan masa depan yang panjang. Selain itu, perhatikan juga kerugian serta manfaat yang akan timbul bagi masyarakat sekitar, apakah tidak bertentangan dengan adat istiadat berlaku, atau malah justru bertentangan, sehingga membuat kita terpaksa harus membangun bisnis baru kembali. Untuk mengantisipasi hal ini, pastikan anda memiliki dana darurat perusahaan atau bidang bisnis, sehingga tidak mengalami risiko yang terlalu besar.

Wirausahawan harus menunjukkan rasa hormat terhadap martabat manusia, otonomi, privasi, hak, dan kepentingan semua orang yang memiliki kepentingan dalam keputusan mereka. Pemilik bisnis yang beretika berusaha untuk mencapai tujuan bisnis mereka dengan cara yang paling sedikit menyebabkan kerugian dan memilih cara yang memiliki kebaikan positif terbesar. Pemilik bisnis juga harus berusaha mewujudkan komitmen terhadap keadilan, perlakuan yang sama terhadap individu, toleransi dan penerimaan keragaman. Mereka berpikiran terbuka; bersedia mengakui bahwa mereka salah dan, jika sesuai fakta, mereka dapat mengubah posisi dan keyakinan mereka.

Merekalah yang akan memberi masukan, kritik, dan membantu di masa-masa sulit. Maka seorang pebisnis dituntut pandai bergaul untuk menjalin relasi bisnis seluas-luasnya. Buat bisnis plan sehingga dalam mengembangkan bisnis dapat terencana dengan baik. Salam Metamorfosa, Salam Perubahan Ketika saya diminta hadir untuk memberi paparan singkat dalam sebuah discussion board diskusi terbatas Sekolah Wirausaha Aisyiyah , saya berkesempatan mendengar langsung umpan balik dari salah satu perwakilan alumni.