By | July 22, 2020

Jadi yang pertama tahu kapan saat terbaik untuk purchase maupun reduce loss saham pilihanmu. Jangan ragu untuk meluangkan lebih banyak waktu demi melakukan seleksi di setiap perusahaan. Pastikan juga keuangan dari perusahaan tersebut akan bagus sehingga kerugian bisa diminimalisir. ABC mengalami fluktuasi harga yang jika diakumulasi sebesar Rp 5.200 per lot. Memegang saham dan berinvestasi dalam saham memang tidak mudah dan membutuhkan banyak ketelitian, tingkat kecerdasan yang tinggi juga visi yang bisa melakukan prediksi ke depan dengan jitu.

Sebelum membeli saham, kalian perlu menentukan perusahaan sekuritas yang akan dipakai. Perusahaan sekuritas berperan sebagai perantara dalam melakukan jual beli saham dan akan membantu dalam pembukaan rekening saham di Bursa Efek Indonesia . Meskipun investasi saham berpotensi menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat, namun risikonya yang cenderung tinggi membuat banyak orang ragu untuk melakukannya, apalagi pemula.

Misalnya kamu memilih saham perbankan, pertambangan, atau jenis lain. Kamu jangan menjadikan harga sebagai patokan utama dalam kriteria membeli saham. Saat baru pertama kali investasi saham, saya jujur saja stress melihat harga saham yang saya beli turun drastis, portofolio investasi tersisa separuh dari nilai awal dalam hitungan hari.

Risiko saham lainnya bisa berupa delisting dan tidak adanya pembayaran dividen. Nah, kamu juga perlu tahu apa itu investasi saham dan buying and selling saham, serta apa perbedaannya. Singkatnya begini, pengertian investasi saham adalah proses menempatkan dana ke dalam suatu perusahaan dalam periode jangka panjang dengan tujuan memperoleh return berupa dividen. Sedangkan pengertian trading saham adalah proses jual beli saham perusahaan yang dilakukan dalam jangka pendek dengan tujuan mendapatkan keuntungan berupa capital gain. Langkah selanjutnya menuju investasi saham yang menguntungkan yaitu memilih perusahaan sekuritas.

Investasi saham

Sebelum memilih broker, anda harus melakukan riset terlebih dahulu, sebab memilih dealer tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda bisa melakukan riset melalui web atau bertanya langsung kepada teman maupun kerabat yang sudah berpengalaman dalam bidang investasi saham. Ketika akan memilih dealer, pastikan dulu bahwa broker yang dipilih sudah terdaftar dan juga sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan . Untuk meminimalisir kedua risiko tersebut, pelajarilah lebih dalam mengenai cara memilih saham yang tepat dan cara menentukan waktu yang tepat untuk mentransaksikannya. Lakukanlah diversifikasi investasi guna meminimalisir risiko yang ada.

Saat pasar saham terkoreksi, saham blue chip juga terkoreksi, tetapi setelah pasar saham pulih, saham blue chip juga yang bergerak naik lebih dulu dan lebih cepat dari yang lain. Perlu diingat juga, investasi saham memiliki risiko besar, sehingga pemula sebaiknya mulai dari jumlah dana yang kecil dulu. Hal ini untung menghindari adanya kerugian dalam pembelian saham. Sehingga kalau terjadi penurunan harga di pasar saham, maka investor tidak akan mendapat kerugian yang besar.