By | July 13, 2020

Oleh karena itu, manfaat-manfaat di atas bisa kamu nikmati sekaligus hanya dengan terus menerapkan menabung dalam keseharianmu. Tapi sebagian dari pembaca artikel ini tentu ada yang berpikir tanpa menabung pun tetap bisa kok menentukan prioritas pengeluaran uangnya. Selain itu masih banyak manfaat yang bisa kamu nikmati dengan hanya sekedar menabung. Melihat keutamaannya, sudah selayaknya umat Islam berusaha untuk menunaikan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha. Berapapun penghasilan atau gajimu, kamu bisa berkurban asalkan disiplin menabung dan menjadikannya prioritas. Untuk itu, alangkah bijak jika THR yang diterima dua bulan lalu, bisa disisihkan untuk merayakan Idul Adha, termasuk membeli hewan kurban.

Meskipun investasi memiliki risiko kehilangan, investasi juga dapat membuka peluang untuk menumbuhkan uang ketika pasar sedang naik. Menetapkan tujuan menabung menjadi salah satu cara hidup hemat untuk menabung yang penting untuk dilakukan. Meskipun terdengar sepele, namun dengan menetapkan tujuan yang jelas bisa memberikan motivasi tersendiri bagi Anda. Bagi Anda yang sedang merencanakan cara hidup hemat untuk menabung, bisa menyimak beberapa rekomendasi berikut. Jika dilakukan dengan rutin dan tertib, tentu rencana menabung bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Dilansir dari situs Better Money Habits, berikut kami merangkum beberapa cara hidup hemat untuk menabung yang bisa Anda lakukan.

Tentukan tujuan jangka panjang dan secara reguler tabunglah uang Anda dalam tabungan ataupun investasi. Umumnya jenis kredit ini diberikan untuk mereka yang membutuhkan dana dalam jumlah “besar” yang akan digunakan untuk keperluan bisnis atau penanaman modal. Sebagai contoh, perusahaan developer atau pengembang ingin membangun perumahan dan membutuhkan modal untuk membangunnya. Mengingat besarnya pinjaman, biasanya jenis kredit investasi ini pengembaliannya dilakukan untuk jangka waktu yang panjang. Seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dari berbagai kalangan dapat dengan mudah menabung saham di MNC Gemesin Plus, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan, maupun profesi lainnya. Dari aspek jangka waktu, biasanya menabung secara konvensional untuk periode yang singkat karena tabungan sifatnya transaksional, mudah untuk dana masuk dan dana keluar.

Menabung bisa dilakukan dengan menyimpan uang di celengan ataupun menaruhnya di bank. Manfaat menabung akan lebih terasa apabila Anda menaruhnya di financial institution sebab ada potensi memperoleh imbal hasil atau bunga. Melakukan investasi artinya menaruh sebagian dana ke suatu produk yang diharapkan dapat memiliki pengembangan nilai ke depannya.

Sehingga kamu bisa lebih terarah dan jelas dalam mengalokasikan uang pendapatanmu. Kemudian, biasakanlah menyimpan struk atau nota supaya kamu bisa membuat catatan pembukuan kecil pengeluaran harianmu. Memang terasa ribet pada awalnya, namun hal ini lama kelamaan akan membuatmu lebih mudah untuk mengendalikan keinginan untuk berbelanja dan disiplin dalam keuangan. Kebiasaan inilah yang bisa membuat kita jadi malas untuk menabung. Untuk membantu anak-anak supaya rajin menabung, Anda bisa memotivasi mereka dengan cara meminta mereka menuliskan tujuan mereka menabung.

Dalam hal ini millennial harus mulai menabung pada usia 25 tahun untuk dapat pensiun dengan nyaman pada usia sixty five. Karena akan semakin sulit bagi kamu untuk menabung bila di sisi lain kamu harus menutup tagihan demi tagihan dari utang yang kamu ciptakan. Kalau pun kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman, gunakanlah untuk kebutuhan-kebutuhan yang produktif seperti pinjaman modal bisnis. Secara psikologis, uang yang tidak kita lihat jumlahnya memang lebih mudah untuk direlakan.

Hal yang bisa dilakukan supaya kita rajin menabung

Dengan menabung kamu tidak lagi perlu takut mengalami hal-hal seperti diatas. Karena, dengan memiliki tabungan kamu sudah memiliki dana yang bisa digunakan saat ada keadaan darurat tanpa harus mencari dana apalagi berhutang. Memang idealnya menabung berorientasi jangka panjang, namun pembelajaran pada anak sebaiknya bersifat jangka pendek. Belilah barang yang bermanfaat, seperti buku dan alat tulis dan perlengkapan sekolah lainnya. Dengan menentukan prioritas kebutuhan pokok, uang saku kalian tidak habis untuk kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu. Ingat, zaman sudah berubah, karena menabung tak lagi menjadi jaminan untuk bisa lebih cepat mencapai tujuan keuangan anda.

Itulah beberapa suggestions menabung untuk para milenial zaman sekarang. Menabung bukan hanya hal uang tetapi juga kedisiplinan yang dijalani. Untuk itu yuk milenial mulai menabung agar memiliki investasi dan memiliki tabungan di hari tua. Menabung juga penting supaya anak zaman sekarang dapat mengelola dan memanage keuangannya sendiri. Kamu bisa mulai mengajarkan anak cara menabung dengan belajar menyisihkan uang jajan mereka seperti sebelum berangkat sekolah ingatkan untuk tidak menghabiskan bekal uangnya. Kamu bisa ajarkan dari menyisihkan dengan nominal yang kecil seperti 2 ribu atau 5 ribu rupiah dan pastikan ajak mereka untuk melihat hasil tabungan dari menyisihkan uang ini.

Menabung dan investasi merupakan dua hal berbeda, walapun sepintas sama-sama mengumpulkan uang sedikit demi sedikit hingga lama-lama menjadi bukit. Dari hadis di atas disebutkan bahwa berserah diri kepada Allah, SWT harus dimulai dengan ikhtiar maksimal. Setelah menabung, barulah kita berserah diri kepada Allah, SWT. Sementara itu, Prasasthi Wahyu Haryono dari SMK At-Thoat, Toroh, Grobogan, yang mendapat bantuan mengatakan, dia berniat memanfaatkan tabungan tersebut dengan sebaik-baiknya.