By | July 18, 2020

Buat catatan awal bulan, isinya yaitu pemasukan dan pos-pos pengeluaran rutin sesuai kebutuhan. Seperti yang kita ketahui, menabung uang di financial institution dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan . Kamu pun tidak perlu khawatir akan keamanan uangmu, karena penyimpanannya menggunakan sistem yang aman. Setiap bulan kamu sudah tau barang barang apa saja yang dibutuhkan dan biaya yang diperlukan untuk beli barang tersebut. Pastikan membuat daftar belanja dan patuhi apa yang sudah dibuat dalam daftar belanja tersebut. Ada keluarga yang sering merasa tabu membicarakan tentang uang saat makan malam.

hal yang bisa kita lakukan untuk menabung

Misalnya untuk liburan bersama keluarga, ibadah haji, atau dana pendidikan anak. Karena kejahatan berbasis teknologi informasi semakin merajalela, pastikan kamu tidak mudah tergiur sejumlah uang dengan memberikan OTP. Di Indonesia menabung lebih acquainted bagi masyarakat dibanding berinvestasi. Padahal baik menabung dan berinvestasi nyatanya dapat dilakukan secara pararel atau bersamaan.

Namun, pisahkan uangmu pada 2 jenis tabungan ya, yaitu tabungan umum dan tabungan khusus. Nah, uang yang ditabung tadi tentunya bisa menjadi dana darurat yang sewaktu-waktu bisa digunakan dalam keadaan tertentu. Mengutip Good Housekeeping, ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menabung dari penghasilan.

Istilahnya “bayar diri sendiri terlebih dahulu”; jadi bila uang gajian masuk, uang tersebut akan otomatis ditransfer ke rekening khusus tersebut. Nah lama-lama rekening khusus tersebut tahu-tahu jumlahnya akan menjadi banyak, karena tidak terasa dipotong otomatis. Pakar finansial, Ayo Bello mengatakan, banyak orang yang menginginkan pekerjaan dengan bayaran lebih layak agar bisa menabung dari gaji mereka.

Setiap orang biasanya punya pola pengeluaran yang mirip dari bulan ke bulan, termasuk dari tahun ke tahun. Setelah memiliki catatan pengeluaran, coba perhatikan apa saja yang menjadi pengeluaran rutin kamu dan lihat berapa kali pengeluaran itu digunakan. Agar kamu bisa menyisihkan uangmu untuk ditabung, haruslah kamu menerapkan gaya hidup yang sederhana. Janganlah kamu kemakan kata gengsi yang akan membawamu ke hidup yang boros. Selain itu, kebanyakan mahasiswa selalu mengikuti tren, entah itu tren trend, tren kuliner ataupun tren lain yang menyebabkan uang di rekening mereka terkuras habis. Untuk itu, jadilah mahasiswa yang bijak dalam mengatur gaya hidupmu.

Anggap saja, dengan berinvestasi menyisihkan uang Rp 5,9 juta per bulan di instrumen investasi dengan imbal hasil 15% per tahun. Maka dalam 25 tahun, tabungan pensiun yang berhasil dikumpulkan oleh Michael adalah Rp 5 miliar. Kamu sudah menyisihkan tabungan dan merasa kekurangan uang untuk kebutuhan lainnya? Dan ya, ketekunan saya dalam menabung bukanlah hal yang sia – sia. Meskipun awalnya tak ada tujuan melainkan hanya untuk menabung saja, uang tabungan yang selama ini saya kumpulkan di rekening tak ber ATM itu akhirnya saya cairkan untuk modal nikah. Selain menyisihkan uang untuk menabung, mulailah untuk berinvestasi.

Oleh sebab itu, kamu bisa mentraktir mereka dengan gaji pertama. Tidak perlu mahal dan mewah, yang penting bisa menggambarkan bagaimana rasa syukurmu memiliki mereka. Di samping itu, kamu juga jangan lupa untuk bersedekah karena ada beberapa bagian dari gaji kita yang menjadi rezeki. Bagi kaum pekerja, salah satu andalan dalam mempersiapkan masa pensiun adalah dana pensiun dari tempat bekerja. Karena merasa telah “dipersiapkan” oleh perusahaan tempat bekerja, banyak dari kita yang merasa tak perlu memiliki tabungan lain untuk masa pensiun nanti. Ada banyak akses peminjaman uang di zaman sekarang ini, sehingga banyak orang yang menggunakan akses itu demi gaya hidup.

Kamu dapat melakukannya jika mencatat segala kebutuhan yang akan dibelanjakan dengan segala prioritas yang dibutuhkan. Oleh karena itu, mencatatnya adalah salah satu teknik yang baik agar kamu terhindar dari sifat boros. Dengan melakukannya, Anda bisa menabung lebih banyak dan mencapai tujuan keuangan lebih cepat.