By | August 4, 2020

Namun, dalam jangka waktu tahunan, nilai saham, obligasi, dan reksa dana cenderung meningkat. Berinvestasi tidak hanya dapat dilakukan melalui berbagai produk dari pasar modal. Anda juga dapat berinvestasi pada kepemilikan emas, atau bahkan properti yang marjin keuntungannya baru terakumulasi cukup besar jika telah dimiliki bertahun-tahun.

Menabung dengan berinvestasi

Reksadana misalnya, dapat dijadikan alternatif masyarakat menabung. Selain murah, keuntungan lain dengan berinvestasi di produk ini adalah nasabah bisa mendapat return atau imbal hasil lebih tinggi dibandingkan menabung di Deposito, tergantung jenis reksa dananya. TEMPO.CO, Jakarta – Zaman sekarang, sepertinya berinvestasi dengan menabung saja tidak akan cukup. Selain menabung, ada baiknya menyisihkan uang untuk investasi di hari tua. Masalahnya, kesadaran masyarakat Indonesia untuk berinvestasi masih rendah.

Menabung efektif membantu tujuan keuangan jangka pendek di bawah 2 tahun. Misalnya, tujuan keuangan kamu adalah mengumpulkan dana pernikahan 1,5 tahun lagi. Rentang waktu 1,5 tahun terbilang pendek sehingga dapat terlalu berisiko bila kamu memakai strategi investasi.

Dengan menabung, kamu bisa meminimalisir risiko penurunan nilai akibat fluktuasi harga. Dana tabungan kita di financial institution dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan hingga Rp2 miliar beserta bunganya sesuai aturan penjaminan. Artinya jika bank tempat kita menabung dilikuidasi, uang tabungan kita tidak akan hilang karena dijamin pemerintah. Memang tidak ada aturan penjaminan dana investasi dari pemerintah.

Tenor pendanaan kamu bisa berjangka waktu mulai dari 6 bulan, 12, 18, hingga 24 bulan. Dan tentunya kamu bisa memilih sendiri jangka waktu sesuai kebutuhan. Semakin tinggi tingkat risiko pendanaanmu, tentunya semakin tinggi pula bunga keuntungan yang akan kamu dapatkan. Maka dari itu, sekarang kamu bisa melakukan investasi emas secara digital agar lebih fleksibel dan tak perlu repot dengan hal-hal di atas. Keuntungan dari investasi saham yang bisa didapat antara lain dari jual-beli setiap kepemilikan dan juga dividen dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.

Nicky kembali mengimbau agar masyarakat berfikir bahwa menabung bukan hanya menyimpan uang di bank, namun menabung juga bisa berupa saham. Hal tersebut sama dengan menyisihkan uang untuk berinvestasi emas di pegadaian dimana manfaat hasilnya dapat dirasakan di kemudian hari. Produk reksa dana jadi salah satu pilihan lain bagi Parents untuk berinvestasi. Reksa dana sendiri merupakan produk investasi himpunan dari para nasabah yang diatur oleh manajer investasi. Berbagai manfaat menabung di financial institution membuat makin banyak yang memilih produk perbankan untuk alternatif menabung.

Mengikuti arisan bisa menjadi tips menabung cepat yang bisa dicoba misalnya dengan sesama kolega di kantor. Tidak perlu terlalu banyak, cukup dimulai dari a hundred ribuan saja atau bahkan kurang dari itu. Agar pembayaran arisan tidak menjadi beban pilih tanggal arisan berdekatan dengan waktu gajian. Jika sudah membuat anggaran keuangan, pastikan Parent Pinters konsisten untuk mengikutinya. Untuk mengendalikan pengeluaran, buatlah catatan setiap kali Anda membeli sesuatu sebagai bahan evaluasi di akhir bulan.