By | August 13, 2020

Menjadikan anak bagian dalam diskusi keuangan saat sudah masuk ke fase remaja juga merupakan langkah yang baik. Partisipasi anak untuk diskusi keuangan mengajarkan anak berproses serta belajar berkomitmen. Untuk mendapatkan sesuatu yang cukup berharga, sejumlah uang harus dikumpulkan dengan proses menabung.

1) Membiasakan diri hidup hemat, artinya tidak boros dan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan. Setiap bagian yang dapat dipotong dari anggaran bulanan bisa memberi lebih banyak uang tunai untuk dana darurat. Cara ini akan memastikan tidak ada kemungkinan kamu lupa untuk menyisihkan dana darurat atau menggunakannya untuk hal lain.

Sependapat dengan hal tersebut, Ahli perencana keuangan dan penulis “The Four Money Bears”, Mack Gardner mengatakan bahwa orangtua dapat mengajari empat hal dasar tentang uang pada anak sejak dini. “Alasan terakhir adalahFinancial Freedom.Kita ini bekerja untuk uang, namun ketika uang itu diinvestasikan nantinya dia akan bekerja yang lama-lama jumlahnya semakin besar dan bisa membiayai hidup kita di masa tua,” jelasnya. “Jangan hanya mengeluarkan uang untuk kesenangan atau kebutuhan sehari-hari saja, tetapi menabung untuk masa depan juga sangat penting,” terang Financial MentorBibit.iditu. Kami akan menjaga informasi yang akurat dan terkini, namun Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi.

Jadi, setiap awal bulan, mereka akan mencatat seluruh uang yang akan digunakan selama satu bulan untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi sebelum itu, pahami terlebih dahulu alasan pentingnya menabung. Mayoritas responden berpendapat, mereka sangat konsumtif dan kesulitan untuk menabung, serta tidak memiliki kebiasan yang baik sehingga menjadi boros. Kunjungi cabang Bank Sinarmas terdekat untuk mengajukan pembukaan #SimasTARA. Tujuan lebih cepat tercapai dengan bunga yang kompetitif (5% p.a.). Yang penting, pastikan tabungan yang kamu miliki cukup untuk membiayai keadaan-keadaan darurat, semisal sakit atau terkena bencana.

pentignya menabung

Kategori pertama dialihkan untuk keperluan biaya sekolah, makan, transportasi, kesehatan, cicilan dan lainnya. Dengan jumlah yang sangat signifikan sekira 65 juta pelajar dari whole penduduk Indonesia, para pelajar jelas merupakan crucial financial player atau pelaku ekonomi yang sangat strategis. Sehingga perlu dibekali pemahaman keuangan yang memadai,” terangnya. Ia menyebut terdapat lima alasan mengapa gerakan menabung untuk pelajar menjadi sangat krusial.

Tidak perlu meminta orang tua lagi, jika kamu mempunyai tabungan yang cukup maka kamu bisa menggunakan uang itu. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial ( Peer-to-Peer Lending ) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Dengan layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia. Dengan menabung, berarti Anda sedang mengumpulkan pundi-pundi untuk persiapan masa depan.

Anak Anda akan merasa bangga dengan dirinya sendiri dan bertekad untuk menabung lebih banyak lagi. Jika Anda merasa cara tersebut cukup kejam, Anda tidak perlu melakukannya. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak Anda untuk rajin menabung.

Anda bisa menularkan kegiatan menabung dengan cara mengajak anak ikut ke bank saat Anda harus setor atau pun mengambil uang. Pepatah lama yang mengatakan bahwa “buah tidak akan jatuh dari pohonnya” bisa Anda jadikan cara agar anak mau menyimpan uang untuk kebutuhan yang lebih berarti. Anda bisa menggunakan celengan dengan bentuk lucu atau bisa dengan karakter mainan favorit kesukaannya untuk menabung uang koin. Gunakan celengan yang terbuat dari plastik tanpa harus ada bukaan kunci. Ini menghindari anak tergoda untuk mengambil tabungan sebelum uangnya terkumpul.