By | August 2, 2020

Banyak pengusaha berpikir perlu memantau media sosial secara berkelanjutan jika ingin bisnis sukses. Mereka merasa perlu melacak pesaing, memantau tren pasar, dan mencari tahu berita terbaru di sektor bisnis dan startup. Sebenarnya, jika menghabiskan banyak waktu di media sosial membuat Anda tidak mengerjakan bisnis tersebut.

Sebagai seorang pengusaha dan pencari nafkah, jangan lupa pula untuk melindungi diri dengan asuransi jiwa. Dengan asuransi jiwa, maka keluarga tercinta atau usaha kamu dapat terus berjalan meski kamu sudah wafat. Umpan balik, saran dan kritik sangat penting dalam mengembangkan bisnis.

Memiliki mentalitas orang sukses

Tak seorangpun yang telah terlalu pintar di dunia ini, orang kaya menyadari hal itu dengan baik. Orang yang siap untuk membuka usaha, haruslah memiliki psychological sebagai pemimpin yang baik. Hal ini berkaitan dengan sikapnya ketika memimpin bawahannya kelak, mampu mengarahkan orang-orang dengan baik. Besar-kecilnya suatu bisnis bergantung pada pemimpinnya, pemimpin adalah kunci keberhasilan suatu bisnis. Ada banyak prinsip pola pikir sukses yang diikuti oleh orang-orang sukses yang akan saya uraikan di sini untuk Anda. Mereka memprioritaskan tugas-tugas yang ingin mereka capai terlebih dahulu dan melakukan segala sesuatu yang harus mereka lakukan untuk menyelesaikan tugas-tugas itu.

Ketika Anda mendapati diri dalam situasi ini yang dapat Anda lakukan adalah stop sejenak dan mengganti pesan-pesan negatif menjadi positif. Negatif self-talk bisa menyebar dengan mudah dan sulit untuk dilihat. Anda mungkin berpikir “Saya sangat buruk dalam hal ini” atau “Saya seharusnya tidak mencobanya”. Pikiran-pikiran ini akan segera berubah menjadi inside feeling dan memperkuat statemen Anda. Bekerja keras untuk mendapatkan orang yang cerdas agar dipihak Anda. Terus berusaha untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dan pengetahuan adalah cara terbaik kedua untuk sukses.

Saya sendiri terkadang kalau melihat orang yang lebih senior dari saya, saya tidak sungkan bertanya, tidak perlu malu. Strategi yang kami lakukan sekarang adalah banyak melakukan sosialisasi. Dalam pengalokasian anggaran di BBJ, lebih dari 20 persen untuk sosialisasi dan edukasi. Saya mengikuti management growth programme, jalur cepat untuk berkarier di dunia perbankan. Saya banyak berkecimpung di bidang yang cukup prestise kala itu, yakni credit analyst dan credit score reviewer. Saat berkarier di dunia perbankan itulah, saya yang dulu merasa terpaksa saat diminta orangtua kuliah S-1.

Sebagian besar perusahaan yang baru dibentuk akan membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mencapai titik impas. Lebih buruk lagi, menghasilkan untung tidak berarti Anda keluar dari usaha keras tersebut. Membangun perusahaan yang sukses adalah tugas harian yang tidak pernah benar-benar berakhir sampai kapanpun. Hanya saja kadang orang melihat pengusaha sukses itu jika sudah santai dan punya banyak uang. Itulah sederet hal yang perlu Anda hindari jika ingin jadi orang sukses.