By | July 14, 2020

Dengan membawa bekal dari rumah, tentunya Anda bisa memangkas pengeluaran sehari-hari. Supaya arus kas keuangan Anda lebih jelas, pertimbangkanlah untuk membuat tabungan berencana. Cara menghemat uang bulanan yang pertama adalah menentukan pendapatan dan pengeluaran per bulannya. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan apakah baik atau tidak. Manfaat yang satu ini tidak hanya dirasakan oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa. Kamu bisa membiasakan diri secara disiplin menyisihkan sebagian penghasilan kamu untuk ditabung.

Hal yang bisa dilakukan supaya kita rajin menabung

Beberapa produk investasi sebenarnya juga memiliki fleksibilitas serupa. Hanya saja, banyak juga produk investasi yang memakai keterikatan. Artinya, Anda diharuskan menaruh dana sedemikian rupa untuk jangka waktu tertentu. Pengambilannya pun harus disesuaikan dengan kesepakatan yang telah ditetapkan. Contoh dari produk investasi yang kadar fleksibilitasnya kurang, antara lain deposito, obligasi, dan asuransi.

Jika Daily Commisions dikerjakan semua tanpa bolong, Anda sudah mendapatkan 1800 Primogem, cukup untuk pull 11 kali. Jelas bahwa menabung saja tidak cukup untuk mempertahankan daya beli, apa lagi menambah aset atau kekayaan. Berinvestasi merupakan cara untuk mengatasi inflasi dan mempertahankan daya beli.

Karena sama saja kamu menggunakan jasa pihak bank untuk menabung uangmu. Nominalnya mungkin kecil banget sekarang, namun kalau kamu rajin untuk menabungnya kamu tentu bisa membeli apapun yang kamu butuhkan. Sekarang udah banyak lho orang yang sukses beli barang berharga cuma dengan uang receh.

Anda juga tidak akan tergoda untuk menggunakan uang tabungan Anda untuk hal lainnya. Jika sudah mempunyai pemikiran untuk menabung maka harus bisa membedakan yang harus didahulukan. Jangan sampai uang yang sudah kalian tabung kalian gunakan hanya karena untuk membeli barang yang kalian inginkan tanpa mengetahui manfaat kedepannya. Kalau hanya menuruti nafsu dunia, tabungan tidak akan berjalan dengan baik.

Jika kamu saja tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, anak juga akan pesimis dalam mengelola dan mengatur keuangannya. Selain mengelola keuangan dengan baik, cobalah membuat lomba menabung kecil-kecilan. Hal ini bisa memotivasi anak untuk lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya. Contoh, ketika anak minta uang untuk beli sesuatu, misalnya membeli es krim, gunakan kesempatan ini untuk memberikan informasi yang tepat.

Namun para pakar keuangan menyatakan, hal terpenting dalam situasi ekonomi yang tidak pasti adalah menabung sebanyak mungkin. — Jikapun ada imbal hasil tabungan yang melebihi inflasi, biasanya hanya sedikit di atasnya. Dan perlu diingat, inflasi rata-rata yang resmi dari pemerintah dihitung berdasarkan banyak faktor.