By | August 5, 2020

Jadi, melakukan transaksi pinjaman on-line hampir semudah membeli barang melalui Bukalapak atau Tokopedia. Di websitenya, masing-masing perusahaan ini mengklaim bisa memberikan Anda bunga sampai dengan 20% per tahun, yang terkecil di angka 10%. Tabel di bawah ini merangkum nilai returns yang ditawarkan dan besarnya resiko berinvestasi melalui masing-masing perusahan tersebut di atas. Atau kalau ingin lebih mudah, Anda juga bisa membeli saham dalam bentuk reksadana . Pembelian SUN atau ORI bisa Anda lakukan melalui perusahaan manajemen asset seperti DanaReksa dan Schroder, atau tanya bank Anda bila Anda bisa membeli obligasi pemerintah melalui mereka.

Sebaliknya, bila perusahaan menderita kerugian, harga sahamnya dapat turun sehingga dapat beresiko kerugian. Ini daftar three jenis investasi yang paling aman atau minim risiko; namun tak kalah menguntungkannya dalam jangka waktu yang panjang. Misalnya, jika kamu senang berhitung dengan peluang dan siap mengambil resiko, maka investasi saham dinilai pas buat kamu. Kini sudah ada banyak platform berlisensi untuk membeli produk reksa dana mulai dari Rp10.000 saja.

Menabung dengan berinvestasi

Menabung hanyalah aktivitas menyisihkan sebagian uang dari pendapatan. Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas, Thomas Hadiwibowo mengemukakan, bahwa terdapat perbedaan antara menabung dan berinvestasi. Kita tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, misalnya keuntungan investasi yang tidak sesuai harapan. Padahal Parent Pinters mengandalkan hasil investasi tersebut untuk biaya pendidikan buah hati.

Kalau dulu, bunga tabungan masih memadai untuk mengatasi kenaikan harga barang dan jasa yang tidak selaju saat ini. Padahal, jika anak-anak muda ini mau menghilangkan kebiasaan membeli kopi setiap hari atau pengeluaran lainnya yang tidak perlu, mereka dapat mengumpulkan uang lebih banyak dari waktu ke waktu. Apalagi, jika anak-anak dan pasangan muda mau menggunakan uang itu untuk berinvestasi. Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing membagikan tips kepada masyarakat yang ingin mengunakan jasa pinjaman online. Berikut ada 4 suggestions yang sebaiknya dilakukan masyarakat sebelum meminjam uang dari fintech.

Itulah berbagai pilihan investasi gaji kecil yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Apa pun bentuk investasinya pastikan mengetahui risiko dan sesuaikan dengan tujuan keuangan. Pembelian produk investasi pun sebaiknya menggunakan uang dingin atau uang yang memang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi sejumlah uang, ada baiknya juga berinvestasi ilmu dengan mempelajari karakteristik hingga analisis setiap produknya agar keuntungan bisa maksimal diperoleh.

Sama seperti pepatah “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Menabung dan berinvestasi mungkin akan menyita anggaran hiburanmu atau mungkin dengan kamu jadi tidak bisa makan enak di restoran setiap hari. Kamu tidak akan mendapat bentuk fisik emas sebelum tabungan terkumpul. Isi formulir pendaftaran dan bayar biaya administrasi sebesar Rp10 ribu. Lalu, bayarkan biaya fasilitas titip emas seharga Rp30 ribu/tahun atau Rp2.500/bulan.

Saat ini produk pasar modal tidak hanya saham, tetapi ada juga ada surat utang atau obligasi, reksa dana dan lain-lain. Ibarat perjalanan, instrumen investasi merupakan kendaraan untuk mencapai tujuan seseorang. Dengan instrumen yang tepat, tujuan keuangan pun akan tercapai di waktu yang tepat pula. Nah Parents, jangan khawatir, sebab kini banyak produk investasi yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.

Dengan melakukan investasi Anda dapat membangun kebahagiaan hidup keluarga Anda. Dimana kebutuhan keluarga Anda yang harus terpenuhi di masa depan sudah dipersiapkan. Anda dan keluarga Anda dapat hidup dengan tenang tanpa perlu cemas memikirkan biaya hidup, biaya pendidikan dan sebagainya.