By | May 10, 2020

Jasa layanan kesehatan dan produk kesehatan merupakan salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan manusia. Berbagai latar berlakang tersebut menjadi alasan yang membuat bisnis kesehatan baik jasa layanan kesehatan maupun obat-obatan termasuk salah satu yang bertahan di masa pandemi ini. Pertama, di awal pandemi, outlet ini justru mampu meraup keuntungan yang lebih banyak dibandingkan hari-hari biasanya, sebelum adanya Covid-19.

Hal ini membuat bisnis perdagangan bahan pokok menjadi salah satu sektor bisnis tahan krisis. Namun perputaran uang yang besar dalam waktu cepat membuat sektor ini tak memiliki alasan untuk mengalami kebangkrutan. Baik itu melalui web site, e-mail, media sosial, push notification maupun pesan dalam aplikasi. Fitur yang dimaksimalkan dapat berupa fitur lama atau fitur baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Jangan karena sedang sepi pembeli, sementara Anda membutuhkan pemasukan, lalu Anda menurunkan kualitas produk demi menghemat biaya produksi. Ini sangat disayangkan kalau sampai pelanggan tahu dan akhirnya mereka meninggalkan Anda. Entah itu dengan menjual produk lama, melakukan lelang, atau menggelar promo guna menghabiskan stok lama dan mendapatkan uang.

Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman. Intinya, keberhasilan akan tercapai jika Anda memiliki energi dan kepercayaan diri atas kemampuan yang dimiliki untuk melewati krisis. Kebutuhan menjaga dan memulihkan kesehatan tak akan hilang karena momentum apapun. Dengan demikian, sektor F&B tidak akan pernah surut dan kehilangan konsumen.

Promosi pada bisnis fashion bisa diterapkan untuk barang-barang terlaris. Sebab, konsumen saat ini cenderung untuk membeli barang-barang yang paling penting. “Atau buat strive it at residence package, jadi konsumen bisa memakai produk tersebut sendiri di rumahnya,” kata dia. Pengertian bisnis mikro diartikan menjadi bisnis ekonomi produktif yang dimiliki perorangan juga badan bisnis sinkron menggunakan kriteria bisnis mikro. Apapun industri yang dimasuki oleh Sahabat UKM, tentu tidak luput dari yang namanya pesaing. Dalam hal ini, sangat penting rasanya kita melakukan identifikasi pesaing.

Bertahan bisnis di masa pandemi ini

Untuk diketahui, Link UMKM memiliki fitur utama yaitu Rumah BUMN, UMKM Media, UMKM Smart, Komunitas, Etalase Digital, serta Dashboard. Masing-masing fitur menyediakan berbagai fasilitas Slot Emoney dan produk yang dapat digunakan pelaku UMKM agar semakin berkembang. “Melalui Link UMKM, setiap pelaku usaha berkesempatan untuk bisa mendapat pelatihan yang berkualitas,” ujar Sunarso.

Saat ini UMKM membutuhkan kemampuan untuk penyesuaian usaha di masa pandemi covid-19, mengingat Pandemi susah cukup lama melanda Indonesia dan masih belum menunjukan tanda usai. Lantas penyesuaian apa yang bisa dilakukan oleh UMKM di tengah situasi pandemi yang masih terus berlangsung saat ini? Dalam Era digital seperti saat ini diharapkan UMKM mampu lebih jeli memanfaatkan teknologi internet untuk berbisnis. Pola konsumsi barang dan jasa dari luring ke daring kini meningkat, sehingga memaksa pelaku usaha untuk menyesuaikan dengan kondisi dan bertransformasi secara digital. Hal ini membuat usaha perdagangan bahan pokok menjadi salah satu sektor yang bertahan bahkan semakin melonjak permintaannya ditengah pandemi.